Thursday, August 15, 2013

Selayang pandang Puskesmas

Assalamu'alaikum wr. wb.
Dengan mengucap puji syukur pada Alloh SWT. yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya pada kita semua untuk masih bisa menikmati nikmat Alloh yang tak terhingga, baik sehat maupun sakit tergantung dari sudut pandang mana melihatnya tetaplah itu merupakan nikmat Alloh yang diberikan oleh PenciptaNya untuk mengajak kita semua berfikir dan lebih mendekatkan diri pada Sang Kholiq , sholawat dan salam tak luput kita curah limpahkan pada Jungjunan kita nabi Alloh akhir jaman Muhammad Saw, pada keluarganya, sahabat serta umatnya hingga akhir jaman termasuk kita yang taat kepada pengikutnya.


Blog ini dibuat dalam rangka penyebarluasan informasi kesehatan yang berkaitan dengan kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas DTP Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Sebagai gambaran umum bahwa Puskesmas DTP Tanjungsari Merupakan Puskesmas Dengan Tempat Perawatan yang terletak di sebelah barat ibu kota Kabupaten Sumedang (18 km dari pusat Kota ) yang tepatnya di linngkungan alun alun Tanjungsari. Puiskesmas DTP terletak di Kota Kecamatan Tanjungsari merupakan salah satu Puskesmas dari 2 Puskesmas yang ada di kecamatan. Puskesmas DTP Tanjungsari memiliki daerah kerja sebanyak 7 Desa dengan jumlah penduduk 33.972 jiwa.

Secara Geografis dengan keadaan tanah yang variatif terdiri dari daratan, pesawahan dan pegunungan. 25 % desa kota sebagian besar tanah daratan dengan deretan perumahan semakin meningkat seiring pergeseran kearah perkotaan,40% dengan desa yang masih dipenuhi dengan pesawahan yang membuktikan masih dominannya masyarakat sebagai petani,sedangkan 35 % terdiri dari perbukitan dan pegunungan dengan pertumbuhan tanaman sayuran dan palawija pemasok pasar induk. Keadaan ini menggambarkan mayoritas masyarakat tanjungsari petani yang merupakan rawan dalam peningkatan kasus beberapa  penyakit di pedesaan yang berkaitan dengan Pola hidup bersih dan sehat. Sedangkan masyarakat perkotaan dengan arus mobilisasi yang cuku tinggi merupakan sasaran yang rawan pula dengan beberapa kasus penyakit lain seperti penyakit degeneratif dengan pola hidup yang tidak sehat.

Diharapkan  melalui blog ini dapat membantu penyebarluaasan informasi kesehatan untuk masyarakat Kecamatan Tanjungsari khusunya dan umumnya bagi pembaca. Seiring perkembangan dunia tehnologi ( IT) mendorong untuk lebih meningkatkan lagi.pelayanan kesehatan dan peningkatan pengetahuan dalam bidangn kesehatan guna membantu meningkatkan derajat kesehatan masayarakat secara optimal untuk mencapai masyarakat yang sehat jasmani dan Rohani.Disamping itu pula diharapkan masyarakat berperan serta aktif dalam memberi masukan dalam perbaikan pelayanan yang diberikan.


No comments:

Post a Comment